Kamis, 05 Desember 2013

SEO Friendly

SEO Friendly? Istilah apalagi tuh? Itulah pertanyaan yang muncul ketika orang pertama kali mendengarnya. Sama seperti ketika orang pertama mendengar social network (jejaring sosial) atau mungkin chat / chatting. Untuk kita yang sering bergumul dengan dunia internet, istilah SEO Friendly bukanlah hal baru.
SEO merupakan singkatan bahasa inggris, yaitu Search Engine Optimization. Atau jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, artinya kurang lebih adalah “Optimalisasi Mesin Pencari“. Nah, sekarang apa itu “Mesin Pencari“? Apa yang dioptimalkan? dan “Friendly” disini maksudnya apa & apa hubungannya dengan Mesin Pencari?
Ok, untuk menjawab pertanyaan semua itu, teruskan membaca :)

Search Engine / Mesin Pencari

Search Engine / Mesin Pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan informasi tertentu. Dalam konteks Internet, informasi yang dicari dapat berupa suatu halaman website, file, informasi tentang seseorang, produk, layanan, dan sebagainya (informasi apapun itu, dan semakin terus berkembang konteksnya sesuai dengan perkembangan teknologi informasi).
Mesin pencari mengumpulkan data / informasi di Internet secara otomatis, kemudian mengindeksnya (mengurutkan, mengelompokkan, dsb) kedalam suatu database dengan kriteria dan algoritma (“cara berpikir”) mesin pencari tersebut diciptakan. Sehingga ketika seseorang mencari informasi tertentu maka mesin pencari akan menampilkan hasil dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan kriteria pencarian yang diinput oleh pengguna.
Mesin pencari juga memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi dengan kriteria spesifik hanya dengan cukup memasukkan kata atau frase tertentu dan kemudian mesin pencari akan memproses pencarian kedalam indeks databasenya dan menghasilkan daftar hasil pencarian yang diurutkan sesuai dengan relevansinya. Sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas, bahwa pengindeksan (proses mengurutkan, mengelompokkan, dsb) tentu saja sesuai dengan algoritma / “cara berpikir” dari mesin pencari itu sendiri dibangun. Mesin pencari melakukan pengindeksan secara berkala, terus-menerus & mengupdatenya secara otomatis kedalam database mereka sesuai dengan perkembangan informasi di Internet. Itu sebabnya, hingga kini dan kedepan, mesin pencari akan selalu menghasilkan hasil pencarian yang relevansinya selalu up to date (terkini).
Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta internasional yang memiliki & menggunakan algoritma dan database tertutup. Artinya, pengguna dapat mencari suatu informasi tertentu, namun tidak perlu mengetahui isi / bagaimana databasenya dibuat serta tidak perlu mengetahui bagaimana algoritma / “cara berpikir” mesin pencari tersebut mengelompokkan, mengurutkan hasil informasinya, dsb.
Beberapa perusahaan yang menjalankan mesin pencari dan paling populer saat ini adalah Google, Microsoft dengan Bing nya (dahulu MSN Search), dan Yahoo!.

Lalu, Apa itu Search Engine Optimization (SEO) atau Optimalisasi Mesin Pencari? Apa yang dioptimalkan? dan “SEO Friendly” disini maksudnya apa & apa hubungannya dengan Mesin Pencari? Apa itu website SEO Friendly? Mengapa kita perlu membuat website ramah mesin pencari? Apa kaitannya dengan strategi pemasaran (marketing) untuk jasa atau produk yang kita promosikan / tawarkan di Internet? Apa keuntungannya untuk kita atau bisnis kita? dan masih banyak segudang pertanyaan lainnya. Untuk itu, stay tuned & nantikan jawabannya di artikel saya berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar